Memahami Arti Pendidikan
Pendidikan merupakan
salah satu isu yang paling banyak dibicarakan di berbagai belahan dunia.
Pendidikan kerap dijadikan sebagai salah satu alat untuk mengukur
kemajuan suatu bangsa. Banyak bisa berangkat dari Timur ke Barat ataupun
sebaliknya untuk menempuh jenjang pendidikan yang dinilai lebih
bergengsi dibandingkan daerah asalnya. Mereka rela berpisah dari
orang-orang yang dicintai demi pendidikan.
Bersempena Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun
2015 ini, mari kita menyimak berbagai pendapat para ahli tentang arti
dari kata Pendidikan. Dengan memahami arti pendidikan menurut para ahli,
setidaknya kita tidak sekedar hanya mampu mengucapkan kata Pendidikan
saja, tetapi lebih dari itu, menerapkan pendidikan yang sesuai dengan
tujuan yang hendak kita capai.Beberapa ahli pendidikan banyak yang mengartikan pengertian pendidikan. Pengertian-pengertian yang diberikan cukup beragam, sehingga terjadi perbedaan tergantung dari sudut dan perspektif mana tokoh itu memandangnya. Walaupun terdapat perbedaan pendapat tentang apa itu pendidikan, namun secara umum terdapat kesamaan di dalam merumuskan pengertian pendidikan tersebut.
Secara etimologi kata pendidikan berasal dari kata "didik" yang mendapat awalan "pe" dan akhiran "an" , maka jadilah kata pendidikan . Dari Bahasa Yunani, pendidikan berasal dari kata ”pedagogi” yaitu kata ”paid” yang artinya anak dan ”agogos” yang artinya membimbing, sehingga pedagogi dapat diartikan sebagai ”ilmu dan seni membimbing anak
Menurut UU No. 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Sedangkan menurut Wikipedia, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan untuk dirinya dan masyarakat.
Dari segi epistimologi, para ahli mengemukakan berbagai arti tentang pendidikan. Prof Zaharai Idris M A misalnya, mengatakan bahwa pendidikan ialah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan, antara manusia dewasa dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya.
Prof Dr MJ Langeveld mengatakan bahwa Pendidikan ialah pemberian bimbingan dan bantuan rohani bagi yang masih memerlukannya. Ahmad D Marimba berpendapat bahwa Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Menurut John Dewey Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan yang fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia. Sedangkan KH Dewantara mengartikan pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak
Dalam Ensiklopedia Pendidikan Indonesia, dijelaskan tentang pengertian pendidikan sebagai berikut Pendidikan adalah proses membimbing manusia dari kegelapan, kebodohan dan kecerdasan pengetahuan. Dalam artian, pendidikan baik yang formal maupun informal, meliputi segala yang memperluas segala pengetahuan manusia tentang dirinya sendiri dan tentang dunia dimana hidup.
Pendidikan merupakan suatu proses yang kontinyu. Ia merupakan pengulangan yang perlahan tetapi pasti dan terus-menerus sehingga sampai pada bentuk yang diinginkan.
Dari pernyataan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Konsep yang lebih jelas dituangkan adalah pendidikan yang dirumuskan dalam UU RI No 2 th 1989. Bab 1, pasal 1. butir 1 : Pendidikan ialah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranan masa yang akan datang.
Dalam perkembangannya istilah pendidikan berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan secara sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar anak didik menjadi dewasa, dalam perkembangan selanjutnya, pendidikan berarti usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental. Dengan demikian pendidikan berarti, segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembanagan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan.
Soekidjo Notoatmodjo (2003 : 16) ,menjelaskan bahwa :"Pendidikan secara umum adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan. Pengertian Pendidikan menurut Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2002 :263).menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.
Pengertian Pendidikan menurut John Stuart Mill (filosof Inggris, 1806-1873 M).menjelaskan bahwa :"Pendidikan adalah meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat kesempurnaan.
Pengertian Pendidikan menurut Ibnu Muqaffa (salah seorang tokoh bangsa Arab yang hidup tahun 106 H- 143 H, pengarang Kitab Kalilah dan Daminah) , menjelaskan bahwa : “Pendidikan itu ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan akal dan rohani.”
Pengertian Pendidikan menurut Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) menjelaskan bahwa : "Pendidikan adalah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesemurnaan.
Pengertian Pendidikan menurut Prof. Richeydalam bukunya ‘Planning for teaching, an Introduction to Education’ menjelaskan bahwa : "Pendidikan adalah yang berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu masyarakat terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi baru) bagi penuaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat.
Pendidikan Karakter -
Semua masyarakat di dunia ini pasti ingin agar pendidikan di negaranya
dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat membawa negaranya kearah
perubahan yang lebih baik, begitu pula dengan Indonesia. Saat ini kita
sering mendengar kata pendidikan berkarakter, dan kita yang memang
berada di dunia pendidikan tak jarang masih juga belum memahami arti,
pengertian, tujuan, nilai-nilai, prinsip, strategi, metode, dan cara
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berkarakter
ini.
Oleh karena itu, pada postingan kali ini, admin ingin mengajak semua
pembaca untuk ikut ambil bagia dalam proses pendidikan di Indonesia,
mungkin akan sangat membosankan bagi Anda semua, tetapi jika bukan kita
yang membangkitkan dunia pendidikan kita sendiri, siapa lagi ?, kita
tidak bisa selamanya mengharapkan agar pemerintah yang selalu turun
tangan dalam urusan ini. Jika segala usaha telah dilakukan pemerintah,
namun sebagai masyarakat kita tidak berbuat apa-apa sama saja tidak ada
artinya. Baiklah, agar tidak terlalu lama intermezzonya langsung saja
kita bahas masalah pendidikan berkarakter ini.
A. Pengertian Pendidikan Karakter
Secara bahasa, karakter dapat pula dipahami sebagai sifat dasar,
kepribadian, perilaku/tingkah laku, dan kebiasaan yang berpola.
Perspektif pendidikan karakter adalah peranan pendidikan dalam membangun
karakter peserta didik. Pendidikan Karakter adalah upaya penyiapan
kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, budaya,
yang mampu diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, baik dalam perbuatan,
perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian. Namun dengan
adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru-guru memiliki
peluang besar untuk menerapkan pendidikan karakter ke dalam
masing-masing satuan pendidikan, karena :
Pertama, KTSP didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun
oleh dan dilaksanakan peserta didikan dimasing-masing satuan pendidikan.
Kedua, Tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikutui pendidikan lebih lanjut.
Ketiga, Konsep pendidikan karakter terbaca dalam rumusan yang telah
dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu : Pendidikan
yang mengintegrasikan semua potensi peserta didik didik, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan karakter yang diterapkan
dalam satuan pendidikan kita bias menjadi salah satu sarana pembudayaan
dan pemanusian.
Menurut Foerster ada empat cirri dasar dalam pendidikan karakter :
1. Keteraturan interior di mana setiap tindakan diukur berdasar hierarki
nilai. Nilai menjadi pedoman normatif setiap tindakan.
2. Koherensi yang member keberanian, membuat seseorang teguh pada
prinsip, tidak mudah terombang-ambing pada situasi baru atau takut
risiko. Koherensi merupakan dasar yang membangun rasa percaya satu sama
lain.
3. Otonomi. Di situ seseorang menginternalisasikan aturan dari luar
sampai menjadi nilai-nilai bagi pribadi. Ini dapat dilihat lewat
penilaian atas keputusan pribadi tanpa terpengaruh atau desakan pihak
lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang
guna mengingini apa yang dipandang baik. Dan kesetiaan merupakan dasar
bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih. ”Orang-orang modern sering
mencampur adukkan antara individualitas dan personalitas, antara aku
alami dan aku rohani, antara independensi eksterior daninterior. ”
Karakter inilah yang menentukan norma seorang pribadi dalam segala
tindakannya.
B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam
kesatuan esensial si subjek dengan perilaku dan sikap hidup yang
dimilikinya. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang
mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang
mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan
karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Tujuan Pendidikan Karakter meliputi :
1. Mendorong kebiasaan dan perilaku yang terpuji sejalan dengan
nilai-nilai universal, tradisi budaya, kesepaatan sosial dan
religiositas agama.
2. Menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus
bangsa.
3. Memupuk kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya,
sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, baik secara
individu maupun sosial.
4. Meningkatkan kemampuan menghindari sifat tercela yang dapat merusak
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Agar siswa memahami dan menghayati nilai-nilai yang relevan bagi
pertumbuhan dan pengahargaan harkat dan martabat manusia.
C. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Nilai-nilai di bawah ini merupakan uraian berbagai perilaku dasar dan
sikap yang diharapkan dimiliki peserta didik sebagai dasar pembentukan
karakternya yakni: nilai keutamaan, nilai kerja, nilai cinta tanah air
(patriotisme), nilai demokrasi, nilai kesatuan, menghidupi nilai moral,
nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai di atas diambil sebagai garis
besarnya saja, sifatnya terbuka,artinya masih bisa ditambahkan
nilai-nilai lain yang relevan dengan situasi sekolah. Misalnya: taqwa
kepada Tuhan, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan
santun, kasih sayang, peduli dan kerja sama, percaya diri, kreatif,
kerja keras, dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan
rendah hati, toleransi, cinta damai, dan persatuan, dapat dipercaya,rasa
hormat dan perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab,
kewarganegaraan/citizenship, ketulusan, berani, tekun, integritas,
jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama..
D. Prinsip Pelaksanaan Pendidikan karakter
Pendidikan karakter di sekolah memerlukan prinsip-prinsip dasar yang
mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa dan setiap individu yang
bekerja di sekolah tersebut. Prinsip-prinsip tersebut antara lain :
a. Karaktermu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu
katakan atau kamu yakini.
b. Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan akan menjadi orang macam
apa dirimu.
c. Karakter yang baik mengandaikan bahwa hal yang baik itu dilakukan
dengan cara-cara yang baik, bahkan seandainya pun kamu harus membayarnya
secara mahal, sebab mengandung resiko.
d. Jangan pernah mengambil perilaku buruk yang dilakukan oleh orang lain
sebagai patokan bagi dirimu. Kamu dapat memilih patokan yang lebih baik
dari mereka.
e. Apa yang kamu lakukan itu memiliki makna dan transformatif. Seorang
individu bisa mengubah dunia.
f. Bayaran bagi mereka yang memiliki karakter baik adalah bahwa kamu
menjadi pribadi yang lebih baik, dan ini akan membuat dunia menjadi
tempat yang lebih baik untuk dihuni.
E. Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter
Strategi yang diterapkan oleh pendidikan karakter yaitu dengan
menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran lainnya.
Nilai-nilai karakter dapat disampaikan melalui mata pelajaran: agama,
pendidikan kewarganegaraan (PKn), pendidikan jasmani dan olah raga, IPS,
bahasa Indonesia dan pengembangan diri. Pendidikan karakter di sekolah
lebih banyak berurusan dengan penanaman nilai. Pendidikan karakter agar
dapat disebut sebagai integral dan utuh harus menentukanmetode yang
dipakai, sehingga tujuan pendidikan karakter itu akansemakin terarah dan
efektif. Adapun unsur-unsur yag harus dipertimbangkan dalam menentukan
metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter antara lain :
Mengajar, yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai itu sehingga peserta
didik memiliki gagasan konseptual tentang nilai-nilai pemandu perilaku
yang bias dikembangkan dalam mengembangkan karakter pribadinya.
Keteladanan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru,
kepalasekolah, dan staf administrasi disekolah yang dapat dijadikan
sebagai model teladan bagi siswa.Karena siswa akan lebih banyak belajar
dari apa yang mereka lihat.
Menentukan prioritas, yaitu setiap yang terlibat dalam sebuah lembaga
pendidikan yang ingin menekankan pendidikan karakter juga harus memahami
secara jernih prioritas nilai apakah yang ingin ditekankan dalam
pendidikan karakter dalam satuan pendidikan tertentu.
Refleksi, yaitu mengadakan semacam pendalaman, refleksi untuk melihat
sejauh mana satuan pendidikan telah berhasil atau gagal dalam
melaksanakan pendidikankarakter. Metode-metode yang bisa diterapkan
dalam pendidikan karakter misalnya dengan menggunakan pendekatan
penanaman nilai (InculcationApproach), perkembangan moral kognitif,
analisis nilai (Values Analysis Approach), klarifikasi nilai,
pembelajaran berbuat (ActionLearning Approach), Student Active Learning,
Developmentally Appropriate Pro Contextual Learning yang dapat
menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.
F. Penilaian Pendidikan Karakter
Penilaian adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil
pertumbuhan serta perkembangan karakter yang dicapai siswa. Tujuan
penilaian dilakukan untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai yang
dirumuskan sebagai standar minimal telah dikembangkan dan ditanamkan di
sekolah serta dihayati, diamalkan, diterapkan dan dipertahankan oleh
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pendidikan karakter lebih dititik beratkan kepada keberhasilan
penerimaan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yangditerapkan dan diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari. Jenis penilaian dapat berbentuk penilaian sikap
dan perilaku, baik individu maupun kelompok. Cara penilaian pendidikan
karakter pada peserta didik dilakukan oleh semua guru. Penilaian
dilakukan setiap saat, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam
pelajaran, dikelas maupun di luar kelas dengan cara pengamatan dan
pencatatan. Instrumen penilaian dapat berupa lemabar observasi, lembar
skala sikap, lembar portofolio, lembar check list, dan lembar pedoman
wawancara. Informasi yang diperoleh dari berbagai teknik penilaian
kemudian dianalisis oleh guru untuk memperoleh gambaran tentang karakter
peserta didik. Gambaran menyeluruh tersebut kemudian dilaporkan sebagai
suplemen buku rapor oleh wali kelas.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Di Jenjang Pendidikan
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan
karakter, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design
pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan
pendidikan. Grand design menjadi rujukan konseptual dan operasional
pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang
pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 13 Ayat 1 menyebutkan bahwa Jalur pendidikan terdiri
atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling
melengkapi dan memperkaya.
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Pendidikan informal sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang
sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik mengikuti
pendidikan di sekolah hanya sekitar 7 jam per hari, atau kurang dari
30%. Selebihnya (70%), peserta didik berada dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari aspek kuantitas waktu,
pendidikan di sekolah berkontribusi hanya sebesar 30% terhadap hasil
pendidikan peserta didik. Selama ini, pendidikan informal terutama dalam
lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung
pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.
Kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya
pemahaman orang tua dalam mendidik anak dilingkungan keluarga, pengaruh
pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik
ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan pencapaian
hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu
memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal lingkungan
keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini, waktu
belajar peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan
mutu hasil belajar dapat dicapai, terutama dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Pendidikan Karakter -
Semua masyarakat di dunia ini pasti ingin agar pendidikan di negaranya
dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat membawa negaranya kearah
perubahan yang lebih baik, begitu pula dengan Indonesia. Saat ini kita
sering mendengar kata pendidikan berkarakter, dan kita yang memang
berada di dunia pendidikan tak jarang masih juga belum memahami arti,
pengertian, tujuan, nilai-nilai, prinsip, strategi, metode, dan cara
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berkarakter
ini.
Oleh karena itu, pada postingan kali ini, admin ingin mengajak semua
pembaca untuk ikut ambil bagia dalam proses pendidikan di Indonesia,
mungkin akan sangat membosankan bagi Anda semua, tetapi jika bukan kita
yang membangkitkan dunia pendidikan kita sendiri, siapa lagi ?, kita
tidak bisa selamanya mengharapkan agar pemerintah yang selalu turun
tangan dalam urusan ini. Jika segala usaha telah dilakukan pemerintah,
namun sebagai masyarakat kita tidak berbuat apa-apa sama saja tidak ada
artinya. Baiklah, agar tidak terlalu lama intermezzonya langsung saja
kita bahas masalah pendidikan berkarakter ini.
A. Pengertian Pendidikan Karakter
Secara bahasa, karakter dapat pula dipahami sebagai sifat dasar,
kepribadian, perilaku/tingkah laku, dan kebiasaan yang berpola.
Perspektif pendidikan karakter adalah peranan pendidikan dalam membangun
karakter peserta didik. Pendidikan Karakter adalah upaya penyiapan
kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, budaya,
yang mampu diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, baik dalam perbuatan,
perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian. Namun dengan
adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru-guru memiliki
peluang besar untuk menerapkan pendidikan karakter ke dalam
masing-masing satuan pendidikan, karena :
Pertama, KTSP didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun
oleh dan dilaksanakan peserta didikan dimasing-masing satuan pendidikan.
Kedua, Tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikutui pendidikan lebih lanjut.
Ketiga, Konsep pendidikan karakter terbaca dalam rumusan yang telah
dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu : Pendidikan
yang mengintegrasikan semua potensi peserta didik didik, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan karakter yang diterapkan
dalam satuan pendidikan kita bias menjadi salah satu sarana pembudayaan
dan pemanusian.
Menurut Foerster ada empat cirri dasar dalam pendidikan karakter :
1. Keteraturan interior di mana setiap tindakan diukur berdasar hierarki
nilai. Nilai menjadi pedoman normatif setiap tindakan.
2. Koherensi yang member keberanian, membuat seseorang teguh pada
prinsip, tidak mudah terombang-ambing pada situasi baru atau takut
risiko. Koherensi merupakan dasar yang membangun rasa percaya satu sama
lain.
3. Otonomi. Di situ seseorang menginternalisasikan aturan dari luar
sampai menjadi nilai-nilai bagi pribadi. Ini dapat dilihat lewat
penilaian atas keputusan pribadi tanpa terpengaruh atau desakan pihak
lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang
guna mengingini apa yang dipandang baik. Dan kesetiaan merupakan dasar
bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih. ”Orang-orang modern sering
mencampur adukkan antara individualitas dan personalitas, antara aku
alami dan aku rohani, antara independensi eksterior daninterior. ”
Karakter inilah yang menentukan norma seorang pribadi dalam segala
tindakannya.
B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam
kesatuan esensial si subjek dengan perilaku dan sikap hidup yang
dimilikinya. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang
mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang
mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan
karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Tujuan Pendidikan Karakter meliputi :
1. Mendorong kebiasaan dan perilaku yang terpuji sejalan dengan
nilai-nilai universal, tradisi budaya, kesepaatan sosial dan
religiositas agama.
2. Menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus
bangsa.
3. Memupuk kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya,
sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, baik secara
individu maupun sosial.
4. Meningkatkan kemampuan menghindari sifat tercela yang dapat merusak
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Agar siswa memahami dan menghayati nilai-nilai yang relevan bagi
pertumbuhan dan pengahargaan harkat dan martabat manusia.
C. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Nilai-nilai di bawah ini merupakan uraian berbagai perilaku dasar dan
sikap yang diharapkan dimiliki peserta didik sebagai dasar pembentukan
karakternya yakni: nilai keutamaan, nilai kerja, nilai cinta tanah air
(patriotisme), nilai demokrasi, nilai kesatuan, menghidupi nilai moral,
nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai di atas diambil sebagai garis
besarnya saja, sifatnya terbuka,artinya masih bisa ditambahkan
nilai-nilai lain yang relevan dengan situasi sekolah. Misalnya: taqwa
kepada Tuhan, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan
santun, kasih sayang, peduli dan kerja sama, percaya diri, kreatif,
kerja keras, dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan
rendah hati, toleransi, cinta damai, dan persatuan, dapat dipercaya,rasa
hormat dan perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab,
kewarganegaraan/citizenship, ketulusan, berani, tekun, integritas,
jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama..
D. Prinsip Pelaksanaan Pendidikan karakter
Pendidikan karakter di sekolah memerlukan prinsip-prinsip dasar yang
mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa dan setiap individu yang
bekerja di sekolah tersebut. Prinsip-prinsip tersebut antara lain :
a. Karaktermu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu
katakan atau kamu yakini.
b. Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan akan menjadi orang macam
apa dirimu.
c. Karakter yang baik mengandaikan bahwa hal yang baik itu dilakukan
dengan cara-cara yang baik, bahkan seandainya pun kamu harus membayarnya
secara mahal, sebab mengandung resiko.
d. Jangan pernah mengambil perilaku buruk yang dilakukan oleh orang lain
sebagai patokan bagi dirimu. Kamu dapat memilih patokan yang lebih baik
dari mereka.
e. Apa yang kamu lakukan itu memiliki makna dan transformatif. Seorang
individu bisa mengubah dunia.
f. Bayaran bagi mereka yang memiliki karakter baik adalah bahwa kamu
menjadi pribadi yang lebih baik, dan ini akan membuat dunia menjadi
tempat yang lebih baik untuk dihuni.
E. Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter
Strategi yang diterapkan oleh pendidikan karakter yaitu dengan
menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran lainnya.
Nilai-nilai karakter dapat disampaikan melalui mata pelajaran: agama,
pendidikan kewarganegaraan (PKn), pendidikan jasmani dan olah raga, IPS,
bahasa Indonesia dan pengembangan diri. Pendidikan karakter di sekolah
lebih banyak berurusan dengan penanaman nilai. Pendidikan karakter agar
dapat disebut sebagai integral dan utuh harus menentukanmetode yang
dipakai, sehingga tujuan pendidikan karakter itu akansemakin terarah dan
efektif. Adapun unsur-unsur yag harus dipertimbangkan dalam menentukan
metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter antara lain :
Mengajar, yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai itu sehingga peserta
didik memiliki gagasan konseptual tentang nilai-nilai pemandu perilaku
yang bias dikembangkan dalam mengembangkan karakter pribadinya.
Keteladanan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru,
kepalasekolah, dan staf administrasi disekolah yang dapat dijadikan
sebagai model teladan bagi siswa.Karena siswa akan lebih banyak belajar
dari apa yang mereka lihat.
Menentukan prioritas, yaitu setiap yang terlibat dalam sebuah lembaga
pendidikan yang ingin menekankan pendidikan karakter juga harus memahami
secara jernih prioritas nilai apakah yang ingin ditekankan dalam
pendidikan karakter dalam satuan pendidikan tertentu.
Refleksi, yaitu mengadakan semacam pendalaman, refleksi untuk melihat
sejauh mana satuan pendidikan telah berhasil atau gagal dalam
melaksanakan pendidikankarakter. Metode-metode yang bisa diterapkan
dalam pendidikan karakter misalnya dengan menggunakan pendekatan
penanaman nilai (InculcationApproach), perkembangan moral kognitif,
analisis nilai (Values Analysis Approach), klarifikasi nilai,
pembelajaran berbuat (ActionLearning Approach), Student Active Learning,
Developmentally Appropriate Pro Contextual Learning yang dapat
menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.
F. Penilaian Pendidikan Karakter
Penilaian adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil
pertumbuhan serta perkembangan karakter yang dicapai siswa. Tujuan
penilaian dilakukan untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai yang
dirumuskan sebagai standar minimal telah dikembangkan dan ditanamkan di
sekolah serta dihayati, diamalkan, diterapkan dan dipertahankan oleh
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pendidikan karakter lebih dititik beratkan kepada keberhasilan
penerimaan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yangditerapkan dan diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari. Jenis penilaian dapat berbentuk penilaian sikap
dan perilaku, baik individu maupun kelompok. Cara penilaian pendidikan
karakter pada peserta didik dilakukan oleh semua guru. Penilaian
dilakukan setiap saat, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam
pelajaran, dikelas maupun di luar kelas dengan cara pengamatan dan
pencatatan. Instrumen penilaian dapat berupa lemabar observasi, lembar
skala sikap, lembar portofolio, lembar check list, dan lembar pedoman
wawancara. Informasi yang diperoleh dari berbagai teknik penilaian
kemudian dianalisis oleh guru untuk memperoleh gambaran tentang karakter
peserta didik. Gambaran menyeluruh tersebut kemudian dilaporkan sebagai
suplemen buku rapor oleh wali kelas.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Di Jenjang Pendidikan
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan
karakter, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design
pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan
pendidikan. Grand design menjadi rujukan konseptual dan operasional
pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang
pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 13 Ayat 1 menyebutkan bahwa Jalur pendidikan terdiri
atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling
melengkapi dan memperkaya.
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Pendidikan informal sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang
sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik mengikuti
pendidikan di sekolah hanya sekitar 7 jam per hari, atau kurang dari
30%. Selebihnya (70%), peserta didik berada dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari aspek kuantitas waktu,
pendidikan di sekolah berkontribusi hanya sebesar 30% terhadap hasil
pendidikan peserta didik. Selama ini, pendidikan informal terutama dalam
lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung
pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.
Kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya
pemahaman orang tua dalam mendidik anak dilingkungan keluarga, pengaruh
pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik
ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan pencapaian
hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu
memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal lingkungan
keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini, waktu
belajar peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan
mutu hasil belajar dapat dicapai, terutama dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Pendidikan Karakter -
Semua masyarakat di dunia ini pasti ingin agar pendidikan di negaranya
dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat membawa negaranya kearah
perubahan yang lebih baik, begitu pula dengan Indonesia. Saat ini kita
sering mendengar kata pendidikan berkarakter, dan kita yang memang
berada di dunia pendidikan tak jarang masih juga belum memahami arti,
pengertian, tujuan, nilai-nilai, prinsip, strategi, metode, dan cara
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berkarakter
ini.
Oleh karena itu, pada postingan kali ini, admin ingin mengajak semua
pembaca untuk ikut ambil bagia dalam proses pendidikan di Indonesia,
mungkin akan sangat membosankan bagi Anda semua, tetapi jika bukan kita
yang membangkitkan dunia pendidikan kita sendiri, siapa lagi ?, kita
tidak bisa selamanya mengharapkan agar pemerintah yang selalu turun
tangan dalam urusan ini. Jika segala usaha telah dilakukan pemerintah,
namun sebagai masyarakat kita tidak berbuat apa-apa sama saja tidak ada
artinya. Baiklah, agar tidak terlalu lama intermezzonya langsung saja
kita bahas masalah pendidikan berkarakter ini.
A. Pengertian Pendidikan Karakter
Secara bahasa, karakter dapat pula dipahami sebagai sifat dasar,
kepribadian, perilaku/tingkah laku, dan kebiasaan yang berpola.
Perspektif pendidikan karakter adalah peranan pendidikan dalam membangun
karakter peserta didik. Pendidikan Karakter adalah upaya penyiapan
kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, budaya,
yang mampu diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, baik dalam perbuatan,
perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian. Namun dengan
adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru-guru memiliki
peluang besar untuk menerapkan pendidikan karakter ke dalam
masing-masing satuan pendidikan, karena :
Pertama, KTSP didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun
oleh dan dilaksanakan peserta didikan dimasing-masing satuan pendidikan.
Kedua, Tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikutui pendidikan lebih lanjut.
Ketiga, Konsep pendidikan karakter terbaca dalam rumusan yang telah
dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu : Pendidikan
yang mengintegrasikan semua potensi peserta didik didik, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan karakter yang diterapkan
dalam satuan pendidikan kita bias menjadi salah satu sarana pembudayaan
dan pemanusian.
Menurut Foerster ada empat cirri dasar dalam pendidikan karakter :
1. Keteraturan interior di mana setiap tindakan diukur berdasar hierarki
nilai. Nilai menjadi pedoman normatif setiap tindakan.
2. Koherensi yang member keberanian, membuat seseorang teguh pada
prinsip, tidak mudah terombang-ambing pada situasi baru atau takut
risiko. Koherensi merupakan dasar yang membangun rasa percaya satu sama
lain.
3. Otonomi. Di situ seseorang menginternalisasikan aturan dari luar
sampai menjadi nilai-nilai bagi pribadi. Ini dapat dilihat lewat
penilaian atas keputusan pribadi tanpa terpengaruh atau desakan pihak
lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang
guna mengingini apa yang dipandang baik. Dan kesetiaan merupakan dasar
bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih. ”Orang-orang modern sering
mencampur adukkan antara individualitas dan personalitas, antara aku
alami dan aku rohani, antara independensi eksterior daninterior. ”
Karakter inilah yang menentukan norma seorang pribadi dalam segala
tindakannya.
B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam
kesatuan esensial si subjek dengan perilaku dan sikap hidup yang
dimilikinya. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang
mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang
mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan
karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Tujuan Pendidikan Karakter meliputi :
1. Mendorong kebiasaan dan perilaku yang terpuji sejalan dengan
nilai-nilai universal, tradisi budaya, kesepaatan sosial dan
religiositas agama.
2. Menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus
bangsa.
3. Memupuk kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya,
sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, baik secara
individu maupun sosial.
4. Meningkatkan kemampuan menghindari sifat tercela yang dapat merusak
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Agar siswa memahami dan menghayati nilai-nilai yang relevan bagi
pertumbuhan dan pengahargaan harkat dan martabat manusia.
C. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Nilai-nilai di bawah ini merupakan uraian berbagai perilaku dasar dan
sikap yang diharapkan dimiliki peserta didik sebagai dasar pembentukan
karakternya yakni: nilai keutamaan, nilai kerja, nilai cinta tanah air
(patriotisme), nilai demokrasi, nilai kesatuan, menghidupi nilai moral,
nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai di atas diambil sebagai garis
besarnya saja, sifatnya terbuka,artinya masih bisa ditambahkan
nilai-nilai lain yang relevan dengan situasi sekolah. Misalnya: taqwa
kepada Tuhan, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan
santun, kasih sayang, peduli dan kerja sama, percaya diri, kreatif,
kerja keras, dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan
rendah hati, toleransi, cinta damai, dan persatuan, dapat dipercaya,rasa
hormat dan perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab,
kewarganegaraan/citizenship, ketulusan, berani, tekun, integritas,
jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama..
D. Prinsip Pelaksanaan Pendidikan karakter
Pendidikan karakter di sekolah memerlukan prinsip-prinsip dasar yang
mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa dan setiap individu yang
bekerja di sekolah tersebut. Prinsip-prinsip tersebut antara lain :
a. Karaktermu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu
katakan atau kamu yakini.
b. Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan akan menjadi orang macam
apa dirimu.
c. Karakter yang baik mengandaikan bahwa hal yang baik itu dilakukan
dengan cara-cara yang baik, bahkan seandainya pun kamu harus membayarnya
secara mahal, sebab mengandung resiko.
d. Jangan pernah mengambil perilaku buruk yang dilakukan oleh orang lain
sebagai patokan bagi dirimu. Kamu dapat memilih patokan yang lebih baik
dari mereka.
e. Apa yang kamu lakukan itu memiliki makna dan transformatif. Seorang
individu bisa mengubah dunia.
f. Bayaran bagi mereka yang memiliki karakter baik adalah bahwa kamu
menjadi pribadi yang lebih baik, dan ini akan membuat dunia menjadi
tempat yang lebih baik untuk dihuni.
E. Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter
Strategi yang diterapkan oleh pendidikan karakter yaitu dengan
menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran lainnya.
Nilai-nilai karakter dapat disampaikan melalui mata pelajaran: agama,
pendidikan kewarganegaraan (PKn), pendidikan jasmani dan olah raga, IPS,
bahasa Indonesia dan pengembangan diri. Pendidikan karakter di sekolah
lebih banyak berurusan dengan penanaman nilai. Pendidikan karakter agar
dapat disebut sebagai integral dan utuh harus menentukanmetode yang
dipakai, sehingga tujuan pendidikan karakter itu akansemakin terarah dan
efektif. Adapun unsur-unsur yag harus dipertimbangkan dalam menentukan
metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter antara lain :
Mengajar, yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai itu sehingga peserta
didik memiliki gagasan konseptual tentang nilai-nilai pemandu perilaku
yang bias dikembangkan dalam mengembangkan karakter pribadinya.
Keteladanan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru,
kepalasekolah, dan staf administrasi disekolah yang dapat dijadikan
sebagai model teladan bagi siswa.Karena siswa akan lebih banyak belajar
dari apa yang mereka lihat.
Menentukan prioritas, yaitu setiap yang terlibat dalam sebuah lembaga
pendidikan yang ingin menekankan pendidikan karakter juga harus memahami
secara jernih prioritas nilai apakah yang ingin ditekankan dalam
pendidikan karakter dalam satuan pendidikan tertentu.
Refleksi, yaitu mengadakan semacam pendalaman, refleksi untuk melihat
sejauh mana satuan pendidikan telah berhasil atau gagal dalam
melaksanakan pendidikankarakter. Metode-metode yang bisa diterapkan
dalam pendidikan karakter misalnya dengan menggunakan pendekatan
penanaman nilai (InculcationApproach), perkembangan moral kognitif,
analisis nilai (Values Analysis Approach), klarifikasi nilai,
pembelajaran berbuat (ActionLearning Approach), Student Active Learning,
Developmentally Appropriate Pro Contextual Learning yang dapat
menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.
F. Penilaian Pendidikan Karakter
Penilaian adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil
pertumbuhan serta perkembangan karakter yang dicapai siswa. Tujuan
penilaian dilakukan untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai yang
dirumuskan sebagai standar minimal telah dikembangkan dan ditanamkan di
sekolah serta dihayati, diamalkan, diterapkan dan dipertahankan oleh
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pendidikan karakter lebih dititik beratkan kepada keberhasilan
penerimaan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yangditerapkan dan diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari. Jenis penilaian dapat berbentuk penilaian sikap
dan perilaku, baik individu maupun kelompok. Cara penilaian pendidikan
karakter pada peserta didik dilakukan oleh semua guru. Penilaian
dilakukan setiap saat, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam
pelajaran, dikelas maupun di luar kelas dengan cara pengamatan dan
pencatatan. Instrumen penilaian dapat berupa lemabar observasi, lembar
skala sikap, lembar portofolio, lembar check list, dan lembar pedoman
wawancara. Informasi yang diperoleh dari berbagai teknik penilaian
kemudian dianalisis oleh guru untuk memperoleh gambaran tentang karakter
peserta didik. Gambaran menyeluruh tersebut kemudian dilaporkan sebagai
suplemen buku rapor oleh wali kelas.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Di Jenjang Pendidikan
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan
karakter, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design
pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan
pendidikan. Grand design menjadi rujukan konseptual dan operasional
pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang
pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 13 Ayat 1 menyebutkan bahwa Jalur pendidikan terdiri
atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling
melengkapi dan memperkaya.
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Pendidikan informal sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang
sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik mengikuti
pendidikan di sekolah hanya sekitar 7 jam per hari, atau kurang dari
30%. Selebihnya (70%), peserta didik berada dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari aspek kuantitas waktu,
pendidikan di sekolah berkontribusi hanya sebesar 30% terhadap hasil
pendidikan peserta didik. Selama ini, pendidikan informal terutama dalam
lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung
pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.
Kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya
pemahaman orang tua dalam mendidik anak dilingkungan keluarga, pengaruh
pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik
ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan pencapaian
hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu
memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal lingkungan
keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini, waktu
belajar peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan
mutu hasil belajar dapat dicapai, terutama dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Pendidikan Karakter -
Semua masyarakat di dunia ini pasti ingin agar pendidikan di negaranya
dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat membawa negaranya kearah
perubahan yang lebih baik, begitu pula dengan Indonesia. Saat ini kita
sering mendengar kata pendidikan berkarakter, dan kita yang memang
berada di dunia pendidikan tak jarang masih juga belum memahami arti,
pengertian, tujuan, nilai-nilai, prinsip, strategi, metode, dan cara
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berkarakter
ini.
Oleh karena itu, pada postingan kali ini, admin ingin mengajak semua
pembaca untuk ikut ambil bagia dalam proses pendidikan di Indonesia,
mungkin akan sangat membosankan bagi Anda semua, tetapi jika bukan kita
yang membangkitkan dunia pendidikan kita sendiri, siapa lagi ?, kita
tidak bisa selamanya mengharapkan agar pemerintah yang selalu turun
tangan dalam urusan ini. Jika segala usaha telah dilakukan pemerintah,
namun sebagai masyarakat kita tidak berbuat apa-apa sama saja tidak ada
artinya. Baiklah, agar tidak terlalu lama intermezzonya langsung saja
kita bahas masalah pendidikan berkarakter ini.
A. Pengertian Pendidikan Karakter
Secara bahasa, karakter dapat pula dipahami sebagai sifat dasar,
kepribadian, perilaku/tingkah laku, dan kebiasaan yang berpola.
Perspektif pendidikan karakter adalah peranan pendidikan dalam membangun
karakter peserta didik. Pendidikan Karakter adalah upaya penyiapan
kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, budaya,
yang mampu diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, baik dalam perbuatan,
perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian. Namun dengan
adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru-guru memiliki
peluang besar untuk menerapkan pendidikan karakter ke dalam
masing-masing satuan pendidikan, karena :
Pertama, KTSP didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun
oleh dan dilaksanakan peserta didikan dimasing-masing satuan pendidikan.
Kedua, Tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikutui pendidikan lebih lanjut.
Ketiga, Konsep pendidikan karakter terbaca dalam rumusan yang telah
dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu : Pendidikan
yang mengintegrasikan semua potensi peserta didik didik, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan karakter yang diterapkan
dalam satuan pendidikan kita bias menjadi salah satu sarana pembudayaan
dan pemanusian.
Menurut Foerster ada empat cirri dasar dalam pendidikan karakter :
1. Keteraturan interior di mana setiap tindakan diukur berdasar hierarki
nilai. Nilai menjadi pedoman normatif setiap tindakan.
2. Koherensi yang member keberanian, membuat seseorang teguh pada
prinsip, tidak mudah terombang-ambing pada situasi baru atau takut
risiko. Koherensi merupakan dasar yang membangun rasa percaya satu sama
lain.
3. Otonomi. Di situ seseorang menginternalisasikan aturan dari luar
sampai menjadi nilai-nilai bagi pribadi. Ini dapat dilihat lewat
penilaian atas keputusan pribadi tanpa terpengaruh atau desakan pihak
lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang
guna mengingini apa yang dipandang baik. Dan kesetiaan merupakan dasar
bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih. ”Orang-orang modern sering
mencampur adukkan antara individualitas dan personalitas, antara aku
alami dan aku rohani, antara independensi eksterior daninterior. ”
Karakter inilah yang menentukan norma seorang pribadi dalam segala
tindakannya.
B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam
kesatuan esensial si subjek dengan perilaku dan sikap hidup yang
dimilikinya. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang
mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang
mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan
karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Tujuan Pendidikan Karakter meliputi :
1. Mendorong kebiasaan dan perilaku yang terpuji sejalan dengan
nilai-nilai universal, tradisi budaya, kesepaatan sosial dan
religiositas agama.
2. Menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus
bangsa.
3. Memupuk kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya,
sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, baik secara
individu maupun sosial.
4. Meningkatkan kemampuan menghindari sifat tercela yang dapat merusak
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Agar siswa memahami dan menghayati nilai-nilai yang relevan bagi
pertumbuhan dan pengahargaan harkat dan martabat manusia.
C. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Nilai-nilai di bawah ini merupakan uraian berbagai perilaku dasar dan
sikap yang diharapkan dimiliki peserta didik sebagai dasar pembentukan
karakternya yakni: nilai keutamaan, nilai kerja, nilai cinta tanah air
(patriotisme), nilai demokrasi, nilai kesatuan, menghidupi nilai moral,
nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai di atas diambil sebagai garis
besarnya saja, sifatnya terbuka,artinya masih bisa ditambahkan
nilai-nilai lain yang relevan dengan situasi sekolah. Misalnya: taqwa
kepada Tuhan, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan
santun, kasih sayang, peduli dan kerja sama, percaya diri, kreatif,
kerja keras, dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan
rendah hati, toleransi, cinta damai, dan persatuan, dapat dipercaya,rasa
hormat dan perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab,
kewarganegaraan/citizenship, ketulusan, berani, tekun, integritas,
jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama..
D. Prinsip Pelaksanaan Pendidikan karakter
Pendidikan karakter di sekolah memerlukan prinsip-prinsip dasar yang
mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa dan setiap individu yang
bekerja di sekolah tersebut. Prinsip-prinsip tersebut antara lain :
a. Karaktermu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu
katakan atau kamu yakini.
b. Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan akan menjadi orang macam
apa dirimu.
c. Karakter yang baik mengandaikan bahwa hal yang baik itu dilakukan
dengan cara-cara yang baik, bahkan seandainya pun kamu harus membayarnya
secara mahal, sebab mengandung resiko.
d. Jangan pernah mengambil perilaku buruk yang dilakukan oleh orang lain
sebagai patokan bagi dirimu. Kamu dapat memilih patokan yang lebih baik
dari mereka.
e. Apa yang kamu lakukan itu memiliki makna dan transformatif. Seorang
individu bisa mengubah dunia.
f. Bayaran bagi mereka yang memiliki karakter baik adalah bahwa kamu
menjadi pribadi yang lebih baik, dan ini akan membuat dunia menjadi
tempat yang lebih baik untuk dihuni.
E. Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter
Strategi yang diterapkan oleh pendidikan karakter yaitu dengan
menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran lainnya.
Nilai-nilai karakter dapat disampaikan melalui mata pelajaran: agama,
pendidikan kewarganegaraan (PKn), pendidikan jasmani dan olah raga, IPS,
bahasa Indonesia dan pengembangan diri. Pendidikan karakter di sekolah
lebih banyak berurusan dengan penanaman nilai. Pendidikan karakter agar
dapat disebut sebagai integral dan utuh harus menentukanmetode yang
dipakai, sehingga tujuan pendidikan karakter itu akansemakin terarah dan
efektif. Adapun unsur-unsur yag harus dipertimbangkan dalam menentukan
metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter antara lain :
Mengajar, yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai itu sehingga peserta
didik memiliki gagasan konseptual tentang nilai-nilai pemandu perilaku
yang bias dikembangkan dalam mengembangkan karakter pribadinya.
Keteladanan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru,
kepalasekolah, dan staf administrasi disekolah yang dapat dijadikan
sebagai model teladan bagi siswa.Karena siswa akan lebih banyak belajar
dari apa yang mereka lihat.
Menentukan prioritas, yaitu setiap yang terlibat dalam sebuah lembaga
pendidikan yang ingin menekankan pendidikan karakter juga harus memahami
secara jernih prioritas nilai apakah yang ingin ditekankan dalam
pendidikan karakter dalam satuan pendidikan tertentu.
Refleksi, yaitu mengadakan semacam pendalaman, refleksi untuk melihat
sejauh mana satuan pendidikan telah berhasil atau gagal dalam
melaksanakan pendidikankarakter. Metode-metode yang bisa diterapkan
dalam pendidikan karakter misalnya dengan menggunakan pendekatan
penanaman nilai (InculcationApproach), perkembangan moral kognitif,
analisis nilai (Values Analysis Approach), klarifikasi nilai,
pembelajaran berbuat (ActionLearning Approach), Student Active Learning,
Developmentally Appropriate Pro Contextual Learning yang dapat
menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.
F. Penilaian Pendidikan Karakter
Penilaian adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil
pertumbuhan serta perkembangan karakter yang dicapai siswa. Tujuan
penilaian dilakukan untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai yang
dirumuskan sebagai standar minimal telah dikembangkan dan ditanamkan di
sekolah serta dihayati, diamalkan, diterapkan dan dipertahankan oleh
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pendidikan karakter lebih dititik beratkan kepada keberhasilan
penerimaan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yangditerapkan dan diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari. Jenis penilaian dapat berbentuk penilaian sikap
dan perilaku, baik individu maupun kelompok. Cara penilaian pendidikan
karakter pada peserta didik dilakukan oleh semua guru. Penilaian
dilakukan setiap saat, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam
pelajaran, dikelas maupun di luar kelas dengan cara pengamatan dan
pencatatan. Instrumen penilaian dapat berupa lemabar observasi, lembar
skala sikap, lembar portofolio, lembar check list, dan lembar pedoman
wawancara. Informasi yang diperoleh dari berbagai teknik penilaian
kemudian dianalisis oleh guru untuk memperoleh gambaran tentang karakter
peserta didik. Gambaran menyeluruh tersebut kemudian dilaporkan sebagai
suplemen buku rapor oleh wali kelas.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Di Jenjang Pendidikan
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan
karakter, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design
pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan
pendidikan. Grand design menjadi rujukan konseptual dan operasional
pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang
pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 13 Ayat 1 menyebutkan bahwa Jalur pendidikan terdiri
atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling
melengkapi dan memperkaya.
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Pendidikan informal sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang
sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik mengikuti
pendidikan di sekolah hanya sekitar 7 jam per hari, atau kurang dari
30%. Selebihnya (70%), peserta didik berada dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari aspek kuantitas waktu,
pendidikan di sekolah berkontribusi hanya sebesar 30% terhadap hasil
pendidikan peserta didik. Selama ini, pendidikan informal terutama dalam
lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung
pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.
Kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya
pemahaman orang tua dalam mendidik anak dilingkungan keluarga, pengaruh
pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik
ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan pencapaian
hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu
memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal lingkungan
keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini, waktu
belajar peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan
mutu hasil belajar dapat dicapai, terutama dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Pendidikan Karakter -
Semua masyarakat di dunia ini pasti ingin agar pendidikan di negaranya
dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat membawa negaranya kearah
perubahan yang lebih baik, begitu pula dengan Indonesia. Saat ini kita
sering mendengar kata pendidikan berkarakter, dan kita yang memang
berada di dunia pendidikan tak jarang masih juga belum memahami arti,
pengertian, tujuan, nilai-nilai, prinsip, strategi, metode, dan cara
meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui pendidikan berkarakter
ini.
Oleh karena itu, pada postingan kali ini, admin ingin mengajak semua
pembaca untuk ikut ambil bagia dalam proses pendidikan di Indonesia,
mungkin akan sangat membosankan bagi Anda semua, tetapi jika bukan kita
yang membangkitkan dunia pendidikan kita sendiri, siapa lagi ?, kita
tidak bisa selamanya mengharapkan agar pemerintah yang selalu turun
tangan dalam urusan ini. Jika segala usaha telah dilakukan pemerintah,
namun sebagai masyarakat kita tidak berbuat apa-apa sama saja tidak ada
artinya. Baiklah, agar tidak terlalu lama intermezzonya langsung saja
kita bahas masalah pendidikan berkarakter ini.
A. Pengertian Pendidikan Karakter
Secara bahasa, karakter dapat pula dipahami sebagai sifat dasar,
kepribadian, perilaku/tingkah laku, dan kebiasaan yang berpola.
Perspektif pendidikan karakter adalah peranan pendidikan dalam membangun
karakter peserta didik. Pendidikan Karakter adalah upaya penyiapan
kekayaan batin peserta didik yang berdimensi agama, sosial, budaya,
yang mampu diwujudkan dalam bentuk budi pekerti, baik dalam perbuatan,
perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian. Namun dengan
adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru-guru memiliki
peluang besar untuk menerapkan pendidikan karakter ke dalam
masing-masing satuan pendidikan, karena :
Pertama, KTSP didefinisikan sebagai kurikulum operasional yang disusun
oleh dan dilaksanakan peserta didikan dimasing-masing satuan pendidikan.
Kedua, Tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah meletakkan
dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikutui pendidikan lebih lanjut.
Ketiga, Konsep pendidikan karakter terbaca dalam rumusan yang telah
dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yaitu : Pendidikan
yang mengintegrasikan semua potensi peserta didik didik, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup mandiri dan
mengikuti pendidikan lebih lanjut. Pendidikan karakter yang diterapkan
dalam satuan pendidikan kita bias menjadi salah satu sarana pembudayaan
dan pemanusian.
Menurut Foerster ada empat cirri dasar dalam pendidikan karakter :
1. Keteraturan interior di mana setiap tindakan diukur berdasar hierarki
nilai. Nilai menjadi pedoman normatif setiap tindakan.
2. Koherensi yang member keberanian, membuat seseorang teguh pada
prinsip, tidak mudah terombang-ambing pada situasi baru atau takut
risiko. Koherensi merupakan dasar yang membangun rasa percaya satu sama
lain.
3. Otonomi. Di situ seseorang menginternalisasikan aturan dari luar
sampai menjadi nilai-nilai bagi pribadi. Ini dapat dilihat lewat
penilaian atas keputusan pribadi tanpa terpengaruh atau desakan pihak
lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang
guna mengingini apa yang dipandang baik. Dan kesetiaan merupakan dasar
bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih. ”Orang-orang modern sering
mencampur adukkan antara individualitas dan personalitas, antara aku
alami dan aku rohani, antara independensi eksterior daninterior. ”
Karakter inilah yang menentukan norma seorang pribadi dalam segala
tindakannya.
B. Tujuan Pendidikan Karakter
Tujuan pendidikan adalah untuk pembentukan karakter yang terwujud dalam
kesatuan esensial si subjek dengan perilaku dan sikap hidup yang
dimilikinya. Bagi Foerster, karakter merupakan sesuatu yang
mengualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang
mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah. Dari kematangan
karakter inilah, kualitas seorang pribadi diukur.
Tujuan Pendidikan Karakter meliputi :
1. Mendorong kebiasaan dan perilaku yang terpuji sejalan dengan
nilai-nilai universal, tradisi budaya, kesepaatan sosial dan
religiositas agama.
2. Menanamkan jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab sebagai penerus
bangsa.
3. Memupuk kepekaan mental peserta didik terhadap situasi sekitarnya,
sehingga tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang, baik secara
individu maupun sosial.
4. Meningkatkan kemampuan menghindari sifat tercela yang dapat merusak
diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Agar siswa memahami dan menghayati nilai-nilai yang relevan bagi
pertumbuhan dan pengahargaan harkat dan martabat manusia.
C. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Nilai-nilai di bawah ini merupakan uraian berbagai perilaku dasar dan
sikap yang diharapkan dimiliki peserta didik sebagai dasar pembentukan
karakternya yakni: nilai keutamaan, nilai kerja, nilai cinta tanah air
(patriotisme), nilai demokrasi, nilai kesatuan, menghidupi nilai moral,
nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai di atas diambil sebagai garis
besarnya saja, sifatnya terbuka,artinya masih bisa ditambahkan
nilai-nilai lain yang relevan dengan situasi sekolah. Misalnya: taqwa
kepada Tuhan, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan
santun, kasih sayang, peduli dan kerja sama, percaya diri, kreatif,
kerja keras, dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan
rendah hati, toleransi, cinta damai, dan persatuan, dapat dipercaya,rasa
hormat dan perhatian, peduli, jujur, tanggung jawab,
kewarganegaraan/citizenship, ketulusan, berani, tekun, integritas,
jujur, tanggung jawab, disiplin, visioner, adil, peduli, kerjasama..
D. Prinsip Pelaksanaan Pendidikan karakter
Pendidikan karakter di sekolah memerlukan prinsip-prinsip dasar yang
mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa dan setiap individu yang
bekerja di sekolah tersebut. Prinsip-prinsip tersebut antara lain :
a. Karaktermu ditentukan oleh apa yang kamu lakukan, bukan apa yang kamu
katakan atau kamu yakini.
b. Setiap keputusan yang kamu ambil menentukan akan menjadi orang macam
apa dirimu.
c. Karakter yang baik mengandaikan bahwa hal yang baik itu dilakukan
dengan cara-cara yang baik, bahkan seandainya pun kamu harus membayarnya
secara mahal, sebab mengandung resiko.
d. Jangan pernah mengambil perilaku buruk yang dilakukan oleh orang lain
sebagai patokan bagi dirimu. Kamu dapat memilih patokan yang lebih baik
dari mereka.
e. Apa yang kamu lakukan itu memiliki makna dan transformatif. Seorang
individu bisa mengubah dunia.
f. Bayaran bagi mereka yang memiliki karakter baik adalah bahwa kamu
menjadi pribadi yang lebih baik, dan ini akan membuat dunia menjadi
tempat yang lebih baik untuk dihuni.
E. Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter
Strategi yang diterapkan oleh pendidikan karakter yaitu dengan
menggunakan strategi terintegrasi dalam mata pelajaran lainnya.
Nilai-nilai karakter dapat disampaikan melalui mata pelajaran: agama,
pendidikan kewarganegaraan (PKn), pendidikan jasmani dan olah raga, IPS,
bahasa Indonesia dan pengembangan diri. Pendidikan karakter di sekolah
lebih banyak berurusan dengan penanaman nilai. Pendidikan karakter agar
dapat disebut sebagai integral dan utuh harus menentukanmetode yang
dipakai, sehingga tujuan pendidikan karakter itu akansemakin terarah dan
efektif. Adapun unsur-unsur yag harus dipertimbangkan dalam menentukan
metode yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter antara lain :
Mengajar, yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai itu sehingga peserta
didik memiliki gagasan konseptual tentang nilai-nilai pemandu perilaku
yang bias dikembangkan dalam mengembangkan karakter pribadinya.
Keteladanan, yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru,
kepalasekolah, dan staf administrasi disekolah yang dapat dijadikan
sebagai model teladan bagi siswa.Karena siswa akan lebih banyak belajar
dari apa yang mereka lihat.
Menentukan prioritas, yaitu setiap yang terlibat dalam sebuah lembaga
pendidikan yang ingin menekankan pendidikan karakter juga harus memahami
secara jernih prioritas nilai apakah yang ingin ditekankan dalam
pendidikan karakter dalam satuan pendidikan tertentu.
Refleksi, yaitu mengadakan semacam pendalaman, refleksi untuk melihat
sejauh mana satuan pendidikan telah berhasil atau gagal dalam
melaksanakan pendidikankarakter. Metode-metode yang bisa diterapkan
dalam pendidikan karakter misalnya dengan menggunakan pendekatan
penanaman nilai (InculcationApproach), perkembangan moral kognitif,
analisis nilai (Values Analysis Approach), klarifikasi nilai,
pembelajaran berbuat (ActionLearning Approach), Student Active Learning,
Developmentally Appropriate Pro Contextual Learning yang dapat
menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.
F. Penilaian Pendidikan Karakter
Penilaian adalah suatu usaha untuk memperoleh berbagai informasi secara
berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil
pertumbuhan serta perkembangan karakter yang dicapai siswa. Tujuan
penilaian dilakukan untuk mengukur seberapa jauh nilai-nilai yang
dirumuskan sebagai standar minimal telah dikembangkan dan ditanamkan di
sekolah serta dihayati, diamalkan, diterapkan dan dipertahankan oleh
siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penilaian pendidikan karakter lebih dititik beratkan kepada keberhasilan
penerimaan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai
dengan nilai-nilai karakter yangditerapkan dan diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari. Jenis penilaian dapat berbentuk penilaian sikap
dan perilaku, baik individu maupun kelompok. Cara penilaian pendidikan
karakter pada peserta didik dilakukan oleh semua guru. Penilaian
dilakukan setiap saat, baik pada jam pelajaran maupun di luar jam
pelajaran, dikelas maupun di luar kelas dengan cara pengamatan dan
pencatatan. Instrumen penilaian dapat berupa lemabar observasi, lembar
skala sikap, lembar portofolio, lembar check list, dan lembar pedoman
wawancara. Informasi yang diperoleh dari berbagai teknik penilaian
kemudian dianalisis oleh guru untuk memperoleh gambaran tentang karakter
peserta didik. Gambaran menyeluruh tersebut kemudian dilaporkan sebagai
suplemen buku rapor oleh wali kelas.
Peningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Di Jenjang Pendidikan
Sebagai upaya untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan
karakter, Kementerian Pendidikan Nasional mengembangkan grand design
pendidikan karakter untuk setiap jalur, jenjang, dan jenis satuan
pendidikan. Grand design menjadi rujukan konseptual dan operasional
pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian pada setiap jalur dan jenjang
pendidikan. Menurut UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 13 Ayat 1 menyebutkan bahwa Jalur pendidikan terdiri
atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling
melengkapi dan memperkaya.
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
Pendidikan informal sesungguhnya memiliki peran dan kontribusi yang
sangat besar dalam keberhasilan pendidikan. Peserta didik mengikuti
pendidikan di sekolah hanya sekitar 7 jam per hari, atau kurang dari
30%. Selebihnya (70%), peserta didik berada dalam keluarga dan
lingkungan sekitarnya. Jika dilihat dari aspek kuantitas waktu,
pendidikan di sekolah berkontribusi hanya sebesar 30% terhadap hasil
pendidikan peserta didik. Selama ini, pendidikan informal terutama dalam
lingkungan keluarga belum memberikan kontribusi berarti dalam mendukung
pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter peserta didik.
Kesibukan dan aktivitas kerja orang tua yang relatif tinggi, kurangnya
pemahaman orang tua dalam mendidik anak dilingkungan keluarga, pengaruh
pergaulan di lingkungan sekitar, dan pengaruh media elektronik
ditengarai bisa berpengaruh negatif terhadap perkembangan dan pencapaian
hasil belajar peserta didik. Salah satu alternatif untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan karakter terpadu, yaitu
memadukan dan mengoptimalkan kegiatan pendidikan informal lingkungan
keluarga dengan pendidikan formal di sekolah. Dalam hal ini, waktu
belajar peserta didik di sekolah perlu dioptimalkan agar peningkatan
mutu hasil belajar dapat dicapai, terutama dalam pembentukan karakter
peserta didik.
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Source: http://www.majalahsiantar.net/2012/06/memahami-pendidikan-karakter.html
Check This Out..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar